Dortmund Harus Jaga Pertahanan

402 views

Berita BOLA828 - Dortmund - Sven Bender tidak puas dengan jumlah gol yang masuk ke gawang Borussia Dortmund musim kemarin. Dia pun berharap Dortmund tampil lebih baik dalam bertahan musim depan.

asdd

Pada musim 2010/11 dan 2011/12, di mana mereka sukses menjadi juara Liga Jerman, Dortmund hanya kebobolan 22 dan 25 gol. Secara total, mereka hanya kebobolan 47 gol pada dua musim tersebut.

Bandingkan dengan catatan musim kemarin, di mana Mats Hummels dkk. sampai kebobolan 42 gol. Bandingkan pula dengan catatan milik sang juara, Bayern Munich, yang hanya kebobolan 18 gol. Catatan tersebut menjelaskan jebloknya pertahanan Dortmund musim kemarin.

Beberapa kendala memang sempat menghampiri. Dortmund sempat dilanda krisis bek setelah Hummels dan Neven Subotic bergantian cedera, begitu juga para full-back semisal Marcel Schmelzer dan Lukasz Piszczek.

"Kami tidak mau lagi kebobolan 42 gol seperti musim kemarin. Itu menimbulkan banyak masalah buat kami," ujar Bender di Soccerway.

"Dalam beberapa musim terakhir, pertahanan yang kokoh telah membantu kami meraih sukses."

"Itu adalah hal yang paling penting di dalam sepakbola, Anda harus mencoba tidak kebobolan sehingga Anda tidak perlu mencetak lebih banyak gol lagi untuk memenangi pertandingan."

"Di sanalah kami harus melakukan perbaikan," kata Bender.

Selain mengomentari pertahanan, Bender juga memuji para pemain baru Dortmund, Henrikh Mkhitaryan dan Pierre-Emerick Aubameyang. Keduanya disebut Bender sangat cepat dan punya kemampuan di atas rata-rata.

logo

Tags: #Dortmund