Ini Kata Emil Audero Mulyadi Tentang Indonesia

104 views

sesungguhnya, tidak terlalu mudah memperoleh Keterangan Emil Audero Mulyadi soal indonesia, tanah kelahirannya. liputan berita soal kiper ke-3 Juventus itu didominasi oleh kemauan PSSi menaturalisasi sang pemain.

kebalikannya, nyaris tak ada jawaban dari pihak Emil, terlepas dari dari bapaknya yang menyebutkan Emil sudah menjadi Masyarakat negara italia dan berterus terang belum didekati oleh PSSi.

Tiga tahun lalu, situs resmi Juventus pernah bikin sesuatu artikel wawancara Emil dalam rangka Juventus Asia Pacific Tour 2014 yang mampir ke indonesia. Dalam artikel berjudul ‘Emil Audero, the future’s in safe hands’ itu ada beberapa melihat mata menarik Emil soal indonesia.

“terasa campur aduk,” tutur Emil soal ceritanya ikut tur pra musim tim senior Juventus. “Saya sempat tinggal beberapa waktu di indonesia, dan kini mempunyai peluang beranjangsananya kembali tim senior Juventus. Sungguh luar biasa terasa. Bernostalgia masa kecil saya dan sekalian bekerja juga tim senior Juventus. tidak pernah terbayangkan yg terlebih dahulu.”

“Ayah saya tinggal di indonesia. Dia menyebutkan bahwa saya mempunyai banyak penggemar di sana. ‘Mereka sudah mengetahui kamu,’ katanya. Tapi, saya tidak mau percaya seperti itu saja disebabkan belum pernah melihat dan merasakannya langsung” tambah Emil yang sesekali meluangkan waktu berlibur di Lombok tempat Edy Mulyadi, ayahnya, kini tinggal.

“pada waktu itu kami datang,” lanjut Emil, “Kami memperoleh sambutan meriah dari beberapa ratus, bahkan beberapa ribu, orang yang mengenakan atribut Juventus layaknya di italia. Saya tak melakukan dugaan mereka seantusias itu.”

Ditanya tentang sepakbola tanah kelahirannya, tak banyak yang bisa dijelaskannya Di Samping pengetahuan umum menimpa situasi suporter.

“Sepakbola ahli tetap dalam step yang amat awal di indonesia. Tetapi ada banyak basis supporter yang ikuti perkembangan Club-Club elite italia, inggris atau Spanyol. AKibat kemajuan teknologi, mereka mempunyai smartphone yang bisa terhubung berita-berita paling baru atau bisa dikatakan baru saja dibuat dan serta apa pun tentang Club kesayangannya.”

Jangan tanya soal Club atau pemain indonesia pada Emil. Walau berterus terang tetap sering dan senantiasa kangen Ayahnya di Lombok yang teratur dia telpon, layaknyanya kiper ke-3 Juventus ini sudah sejak lama bikin tetapan hati melabuhkan karirnya di Juventus dan italia.

“pada waktu itu saya pertama kali ikut berlatih tim senior, saya tahu bahwa saya berada di jalur yang benar. Tidak terbayangkan terasa berada di dekat pemain-pemain dunia yang yg terlebih dahulu cuma bisa saya saksikan dari jauh atau menontonnya di televisi. Mereka terbukti manusia biasa, sama saja kita, yang tidak sungkan merangkul saya dan langsung menjadi bagian dari tim ini.”

logo