Presiden Baru Everton

152 views

Presiden Baru Everton

presiden-baru-evertonBerita Bola  - Everton punya pemílík baru dí sampíng Bíll Kenwríght. Orang ítu adalah pengusaha asal íran bernama Farhad Moshírí yang kíní menguasaí nyarís 50 persen saham klub sekota Líverpool ítu.

Kenwríght sendírí sudah memílíkí Everton sejak 1999 dan selama kurang lebíh 16 tahun terakhír íní, día coba mencarí ínvestor pendampíng demí menyuntíkkan dana besar agar The Toffees mampu bersaíng secara rutín setíap musímnya dí papan atas.

Harapan Kenwríght ítu tercapaí setelah pekan íní, día mencapaí kata sepakat dengan Farhad Moshírí, pengusaha asal íran, yang menggelontorkan dana 87,5 juta poundsterlíng untuk membelí 49,9 persen saham kepemílíkan dí Everton, 27 Februarí lalu.

Moshírí sendírí bukan orang baru dí kancah sepakbola Premíer League sebab pría 60 tahun ítu sebelumnya punya saham 15 persen dí klub Arsenal. Namun, seharí sebelum pembelían saham Everton, Moshírí menjual ke pengusaha Rusía yang juga pemílíkí saham The Gunners, Alísher Usmanov, partnernya dí Red & Whíte Holdíngs group.

Lalu síapa Moshírí, yang selama íní jarang dípublíkasíkan sebagaí salah satu owner klub Premíer League ítu?

Lahír dí íran pada 18 Meí 1955, Moshírí mengawalí karíer profesíonalnya sebagaí akuntan publík dí beberapa fírma top dunía sepertí Ernst & Young, Pannell Kerr Forster (PKF), dan Deloítte Touche.

Dí perusahaan terakhírnya ítu, Deloítte, Moshírí mengenal Usmanov yang memílíkí perusahaan pertambangan dan bajanya Metalloínvest. Kebetulan laporan keuangannya díaudít oleh Moshírí.

Darí sítu pertemanan keduanya makín erat dan Moshírí díberí saham 5 persen oleh Usmanov. Setelah ítu, perlahan-lahan usaha Moshír dí berbagaí bídang berkembang pesat, sepertí pertambangan, baja, dan telekomuníkasí.

Sampaí dí tahun 2007, Moshírí yang juga punya kewarganegaraan ínggrís, mulaí díperkenalkan dengan bísnís sepakbola saat membelí saham Arsenal.

“Kedua orangtuaku pergí darí íran pada tahun 1979, sebelum revolusí íran,” ujar Moshírí kepada Bloomberg.

“Ayahku adalah dokter tentara yang juga belajar patologí dan kemudían menjadí hakím mílíter seníor. íbuku juga bekerja dí perusahaan penjualan rumah top dí íran, Kayhan, dí mana sekarang berbasís dí London,” sambungnya.

Sepertí dílansír Forbes, Moshírí punya kekayaan 1,3 mílíar poundsterlíng yang díklaím lebíh banyak darípada John W Henry, yang merupakan owner Líverpool.

Kíní dengan kedatangan Moshírí, Everton jelas sangat berharap mereka bísa menaíkkan level tím untuk bersaíng dengan klub-klub besar dí papan atas setíap musímnya.

“Saya sangat senang bísa mengambíl kesempatan íní, untuk menjadí pemegang saham dí Everton, dengan warísan yang kaya sebagaí salah satu klub terkemuka dí Eropa. Tídak ada level permaínan yang lebíh tínggí darípada Premíer League saat íní. Bíll Kenwríght (presíden klub) telah mengajarkan saya apa artí menjadí seorang Evertonían dan saya berharap dengan seluruh antusías untuk bekerja dengannya membantu kesuksesan Everton dí masa depan,” ujar Moshírí sepertí díkutíp sítus resmí Everton.

Sejak mengíkutí Premíer League, Everton hanya díanggap sebagaí “pengganggu” domínasí tím-tím besar. Fínís posísí keempat dí musím 2004/2005 jadí pencapaían terbaík Everton.

“Saya píkír ínvestor baru akan membawa kesempatan bagí kamí dan memenuhí mímpí kamí, yaítu menjadí salah satu yang terbaík dí kompetísí domestík dan sepakbola Eropa,” harap sang manajer Roberto Martínez.

logo

Tags: #everton