PSSI Ingin Terapkan VAR di Indonesia ,Tahun 2021

46 views

PSSI Ingin Terapkan VAR di Indonesia ,Tahun 2021 - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkap pihak federasi menargetkan untuk bisa Mengenakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Indonesia pada th. 2021.

PSSI Ingin Terapkan VAR di Indonesia ,Tahun 2021

pssi-ingin-terapkan-var-di-indonesia-tahun-2021

Terobosan itu diungkapkan oleh sang ketum sesudah melakukan rapat bersama Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Untuk mematangkan pemakaian VAR, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu tak inginkan main-main.

PSSI disebutnya dapat berusaha menerapkan teknologi itu secara bertahap. Dimulai bersama mempersiapkan lebih pernah Sumber Daya Manusia (SDM).

"VAR tidak segampang yang kita ketahui. VAR itu alatnya gampang, dapat tapi SDM-nya wajib dilatih agar nanti kita dapat melakukan pelatihan pada 27 November 2019," beber Iwan Bule.

Dibantu FIFA

Lebih lanjut, Pria berpangkat Komjen Polisi itu menjelaskan PSSI tak dapat sendirian untuk mempersiapkan penerapan teknologi tersebut. Mereka dapat dibantu oleh pihak FIFA.

"FIFA terhitung dapat hadir untuk berdiskusi. Mungkin th. depan selama sembilan bulan dapat menggelar pelatihan itu agar kita baru bisa memakainya pada akhir th. depan atau bisa saja awal 2021," imbuh Iwan Bule.

VAR merupakan teknologi yang mendukung tugas wasit untuk meninjau ketentuan bersama melihat rekaman video instan. Teknologi ini berfungsi untuk memastikan ulang wasit dalam pengambilan keputusan.

Penggunaan VAR diakui dibutuhkan oleh sepak bola di Indonesia. Dengan terdapatnya VAR nantinya sepak bola Indonesia bisa meminimalisasi terdapatnya keputusan-keputusan yang diakui merugikan satu di pada tim dalam suatu pertandingan.

Sudah Ada di Bandung

Di sisi lain, pemakaian VAR di IndonesiaAgen Sbobet ternyata sudah lebih pernah diterapkan di kompetisi sepak bola amatir bernama Bandung Premier League. Kompetisi yang diikuti 16 tim amatir itu pertama kali menggunakan VAR pada 20 Januari 2019.

Meski demikian, VAR yang digunakan di Bandung Premier League masih terlampau sederhana, yaitu penerapan kamera yang di lebih dari satu tempat dan terkoneksi bersama layar kecil di pinggir lapangan.

Teknologi VAR sendiri sudah jamak dipakai di liga-liga besar di Eropa dan terhitung di Piala Dunia. Yang teranyar adalah di kompetisi Premier League.

logo

Tags: #PSSI